Wednesday, September 26, 2018

Alat Berat Compactor











Roller Compactor - Alat Berat Blog


 Pengertian Compactor  

Compactor adalah alat digunakan untuk memadatkan tanah yang sebenarnya merupakan upaya mengatur kembali susunan butiran tanah agar menjadi lebih rapat dan lebih padat.Jenis roda compactor terbuat dari besi seluruhnya atau ditambah berat berupa pasir atau air, bisa terbuat dari karet (berupa roda ban) dengan bentuk kaki kambing (sheep foot), yang berukuran kecil bisa menggunakan tangan dengan mengarahkan ke bagian yang akan dipadatkan.
Tipe Dan Jenis Compactor
Jenis jenis compactor mempunyai spesiikasi tersendiri untuk dipakai pemadatan berbagai jenis tanah, atau dengan memperhatikan berbagai faktor, misalnya Untuk tanah pastis dan cohesive maka alat pemadat sheep foot roller adalah paling cocok, pasir atau kerikil berpasir vibrating roller dan pneumatic tired roller sering dipergunakan untuk tanah jenis ini, sementara untuk pasir bercampur lempung atau tanah liat, compactor yang sesuai untuk jenis tnah ini adalah segmented rollers.
Cara Kerja Compactor
Pada kebanyakan roller, susunan roda adalah dengan guide roll berada di depan dan drive roll di belakang, sehingga operator menghadap ke guide roll di depan, tetapi mudahnya kita anggap bahwa roller bergerak maju bila berjalan ke arah guide roll.
Untuk menjaga kemiringan pada potongan melintang badan jalan, maka pekerjaan dimulai dengan jalur jalur tepi yang terendah. Hal ini karena bahan yang digilas mempunyai kecenderungan untuk menggeser (melorot) ke tepi bawah. Dengan memampatkan lebih dulu bagian bawah, penggeseran tanah akan tertahan oleh jalur jalur yang sudah dipampatkan. Untuk berpindah jalur, sangat dianjurkan pada waktu roller berjalan maju, hal ini untuk menghindari agar guide roll tidak tertarik menggeser kea rah jalannya drive roll dan merusak permukaan lapisan lapisan yang seluruh lebar jalan dapat dijalani dalam 8 lintasan (pass), pass ke 9 roller kembali menuju ke alur yang pertama.
Pengulangan ini dilakukan terus menerus sampai jumlah pass yang diperlukan untuk mecapai pemampatan yang dikehendaki pada tiap jalur sudah terpenuhi. Overlap pada arah memanjang (A) juga perlu diberikan, karena dalamarah belok, roller ini jumlah pass yang diberikan lebih sedikit dan pada yang di bagian lurus.
Pada penggilasan pada tikungan jalan, pass pertama dimulai dan bagian bawah (bagian lintasan yang dalam) menuju ke bagian atas (bagian lintasan luar).Untuk lintasan lintasan berikutnya diulang mulai dari lintasan pertama lagi.
Produksi Compactor
Produksi compactor biasanya dinyatakan dalam luasan (m2) yang dapat dipampatkan oleh penggilas sampai kepampatan yang dikehendaki per satuan waktu. Dibawah merupakan keterangan dari persamaan produktivitas compactor
F     = luas permukaan lapisan yang dipadatkan (m2)
L     = lebar efektif pada gilas (m)
V     = kecepatan compactor (m/jam)
JM    = kondisi manajemen dan medan kerja
N    = jumlah lintasan (pass) yang diperlukan untuk mencapai kemampatan yang dikehendaki.
Yang dimaksud satu pass adalah satu lintasan dengan roda gilas melewati satu jalur tertentu. Agar dicapai hasil penggilasan dengan permukaan yang rata, maka tiap pass dengan passyang berikutnya harus saling menindih (overlap) antara 15-30cm.
Q    = Q’ . E (m2 / jam)
Q’    = 60.v (w – 0)/ N (m2/jam)
Keterangan:
V     = Kecepatan (km/jam)
W    = lebar roda (drum) roller (meter)
O    = Overlap (meter)
N     = Jumlah Lintasan
E     = job Efisiensi
Q untuk setiap lapis
Q1 = Q x T (m3/jam)
T     = Tebal lapis tanah yang dipadatkan (meter)
Jika kecepatan nyata tidak dapat diukur, kecepatan rata – rata dapat mengacu pada pedoman berikut ini:
1)  Sheep foot roller dengan penggerak sendiri 5 mile per jam (mph) atau 7.5 km/jam.
2)  Pneumatic tired roller dengan penggerak sendiri 7 mile per jam (mph).
3)  Sheep foot roller ditarik oleh wheel tractor 5 – 10 mph atau kurang lebih dari 7.5 – 15 km/jam.
4)  Sheep foot roller ditarik oleh crawler tractor 3 -4 mph atau 4.5 - 6 km/jam.
5)  Pneumatic roller ditarik 3 – 5 mph atau 4.5 – 7.5 km/jam.
 Jenis Compactor diantaranya:
  • Smooth steel rollers (penggilas besi dengan permukaan halus). Mesin jenis ini memiliki dua kategori berdasarkan pengaturan rodanya, yaitu penggilas roda tiga (three wheel rollers) dan penggilas tandem (tandem rollers).
  • Pneumatic tired rollers
  • Sheep foot type rollers
  • Vibratory rollers
  • Vibratory plate compactor
  • Alat-alat penggilas lainnya seperti, mesin grid rollers (penggilas dengan roda anyaman) dan segment rollers (penggilas dengan roda, yang terdiri dari lempengan-lempengan)
 
                                            "Semoga Bermanfaat Ya"


sumber : http://www.alatberat.com/blog/fungsi-dan-jenis-alat-berat-compactor/
                http://strong-indonesia.com/artikel/jenis-fungsi-alat-berat-proyek-bangunan/ 
                http://seputarulasantekniksipil.blogspot.com/2017/11/definisi-dan-jenis-jenis-compactor.html 
                http://bimasaktiutama.com/fungsi-compactor-machinery/ 
Share:

0 comments:

Post a Comment